Perkenalan Hidroponik

(sumber foto: hidroponik tetangga, hehe)

Hidroponik berasal dari bahasa Yunani yaitu hydro yang memiliki air dan ponos yang artinya pengerjaan atau bercocok tanam. Jadi, hidroponik adalah budidaya tanaman yang memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagi media tanam atau soilless.
Hidroponik bukan istilah baru bagi dunia pertanian, namun bukan pula opsi pertama yang dipilih oleh petani ketika hendak bercocok tanam. Mengapa?

SEJARAH

Cikal bakal hidroponik bisa ditelusuri sejak tahun 1627 pada buku Sylva sylvarum karya Francis Bacon yang dicetak setahun setelah kematiannya. Tulisan ini berisi kegiatan budidaya tanaman darat tanpa media tanah, setelah itu penelitian mengenai budidaya tanaman dengan media air mulai berkembang. Lingga (1984) menyebutkan pada 1936 istilah hidroponik lahir, istilah ini diberikan untuk hasil penelitian Dr. WF. Gericke, seorang agronomis dari Universitas California, USA, berupa tanaman tomat setinggi 3 meter yang penuh buah dan ditanam dalam bak berisi mineral hasil uji cobanya. Tahun 1699, John Woodward menerbitkan percobaan budidaya air dengan spearmint atau Mentha spicata, keluarga mint yang mirip dengan peppermint namun beraroma lebih tajam. Ia menemukan bahwa tanaman dalam sumber-sumber air yang kurang murni tumbuh lebih baik dari tanaman dengan air murni.

Tahun 1842 telah disusun daftar sembilan elemen yang diyakini penting untuk pertumbuhan tanaman. Penemuan dari ahli botani Jerman Julius von Sachs dan Wilhelm Knop pada tahun 1859-1865 memicu pengembangan teknik budidaya tanpa tanah. Pertumbuhan tanaman darat tanpa tanah dengan larutan yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi mineral bagi tanaman. Dengan cepat menjadi standar penelitian dan teknik pembelajaran dan masih banyak digunakan saat ini. Sekarang, Solution culture dianggap sebagai jenis hidroponik tanpa media tanam inert, yang merupakan media tanam yang tidak menyediakan unsur hara.

Lingga, Pinus. 1984. Buku Hidroponik: bercocok tanam tanpa tanah. Penebar Swadaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s